Kamis, 09 Februari 2017

Tata Adat Ambalan


Yang lebih membedakan dalam proses pembinaan pramuka penggalang dan pramuka penegak adalah tersedianya Tata Adat di Ambalan. Tata adat ini adalah sebuah aturan main tertulis yang disepakati bersama oleh warga ambalan dalam menjalankan kehidupan kesehariannya sebagai warga ambalan.

Unsur – unsur Tata Adat Ambalan minimal berisi :

  • Nama Ambalan

Adalah nama pahlawan yang diambil sebagai suri tauladan perjuangan warga ambalan serta meningkatkan semangat nasionalisme di ambalan. Biasanya menggunakan nama pahlawan daerah setempat dan menjadi ciri khas ambalan tesebut.

  • Adat Pelaksanaan Ambalan
Dapat berupa pelaksanaan keseharian di lingkungan Ambalan, interaksi antar anggota, dengan pembina dan organisasi lain, tentang tata upacara pelaksanaan adat dan sebagainya.

  • Amsal Ambalan
Adalah untaian kata yang singkat, padat dan berisi tentang semangat hidup seluruh warga ambalan.

  • Sandi Ambalan
Adalah tatanan kata kata yang mencerminkan semangat dan filosofi dasar hidupan seluruh warga ambalan.

  • Lambang Ambalan
Adalah simbol pemersatu warga ambalan yang menggambarkan semangat dan tujuan pendirian ambalan.

  • Kibaran Cita Ambalan
Adalah bendera yang memuat lmbang ambalan untuk mengikat persaudaraan bakti dan menjadi simbol kebanggaan ambalan

  • Badge Ambalan
Adalah tanda yang berisi lambang ambalan dan dilekatkan pada baju seragam sebagai tanda pengenal satuan ditingkat gugusdepan.

  • Pusaka Ambalan
Adalah sebuah benda yang merupakan simbol semangat juang nama ambalan yang dipilih guna membentuk watak yang mengacu pada persatuan dan kesatuan warga ambalan untuk kepentingan umum.






Dengan adanya Tata adat di ambalan ini, diharapkan menjadi pedoman setiap anggota ambalan dalam pergaulan dan kehidupan bermasyarakat.  Sehingga dapat menigkatkan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli kepada sesama, bangsa dan negara. Serta dapat dilestarikan dan dijaga oleh para anggotanya.

Coba sebutkan nama Ambalan kakak dan dari daerah mana? jawab di komentar ya! Salam Pramuka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar