Rabu, 22 Februari 2017

Kenal Lebih Dekat : 10 Fakta tentang Baden Powell



Berhubung hari  ini adalah hari kelahiran Bapak Pandu Sedunia, Ayo Kita cari tahu Fakta menarik tentang Baden Powell. Selain sebagai seorang pendiri Pandu di dunia. Beliau juga merupakan seorang penulis dan tentara dari Inggris. BP juga mengambil posisi sebagai Ketua Pramuka pertama The Boy Scouts Association. Ia lahir pada 22 Februari 1857 dan meninggal pada tanggal 8 Januari 1941. Beliau ini lahir dengan nama lengkap Robert Stephenson Smyth Baden-Powell. BP juga diberi gelar Baron Baden Powell. 






Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Baden Powell untuk Kakak semua:
 

Fakta-fakta tentang Baden Powell 1: Pendidikan

Baden Powell dididik di Surrey di mana ia mengenyam pendidikan di Charterhouse School. Pada tahun 1876 sampai 1910, lalu ia mendjadi tentara Angkatan Darat Inggris di India dan Afrika.


Fakta-fakta tentang Baden Powell 2: Pengepungan Mafeking

Salah satu peristiwa penting yang membuat Powell terkenal adalah Pengepungan Mafeking. Dia berhasil mempertahankan kota selama Perang Boer Kedua di Afrika Selatan pada 1899.


Fakta-fakta tentang Baden Powell 3: Buku

Seperti telah Scoutman katakan sebelumnya, Baden Powell itu tidak hanya seorang tentara. Beliau merupakan seorang penulis juga. BP menulis berbagai macam buku-buku militer. BP melakukannya selama bertahun-tahun di Afrika  di mana buku-buku itu dimaksudkan untuk pelatihan kepanduan dan militer. Tapi anak laki-laki juga menikmati membaca buku-bukunya. 




Fakta-fakta tentang Baden Powell 4: Scouting for Boys

Scouting for Boys diterbitkan oleh Sir Arthur Pearson pada tahun 1908. Penulis buku ini adalah Baden Powell. Buku ini dimaksudkan untuk pembaca muda.

Fakta-fakta tentang Baden Powell 5: Awal Kepanduan

Awal kepanduan adalah ketika Baden Powell melakukan kegiatan perkemahan di Brownsea Island pada tahun 1907. Pada tahun 1909, Crystal Palace menjadi situs pertama yang memegang pertama Scout Rally(ind. Lomba Tingkat). Ternyata antusiasme tidak datang dari kalangan anak laki-laki saja namun juga menarik minat para anak perempuan pada saat itu. Hingga BP melihat ada seorang Anak Perempuan yang mengenakan seragam Pramuka. Oleh karena itu, Baden Powell dan Agnes Baden Powell, adiknya memutuskan untuk mendirikan Kepanduan untuk Putri yang disebut Girl Guides .

Fakta-fakta tentang Baden Powell 6: Pernikahan

Istri Baden Powell adalah Olave St Clair Soames. Keduanya menikah pada tanggal 30 Oktober 1912. Setelah menikah, keduanya aktif dalam Kegiatan Kepanduan.

Fakta-fakta tentang Baden Powell 7: Kematian

Baden Powell meninggal pada tanggal 8 Januari 1941. Dia menghabiskan tahun terakhir di Nyeri, Kenya. Dia juga dimakamkan di sana.


Fakta-fakta tentang Baden Powell 8:
Puncak Baden-Powell
Puncak Baden-Powell ditemukan di Nepal. Sebenarnya itu bernama Urkema Peak. Tapi Nepal memutuskan untuk menyebutnya Puncak Bande Powell untuk merayakan Perayaan Kepanduan 2007.

Fakta-fakta tentang Baden Powell 9: Daftar BBC

Dalam daftar BBC dari 100 Greatest Britons, Baden Powell termasuk dalam daftar pada tahun 2002.


Fakta-fakta tentang Baden Powell 10: Hadiah Wateler Perdamaian

Pada tahun 1937, Baden Powell dianugerahi dengan Hadiah Wateler Perdamaian.




Itulah sedikit Fakta menarik dari Bapak Pandu Dunia. Hayo, selain diatas apalagi yang kakak tahu mengenai Beliau? Jawab di komentar di bawah ya!!
Tetap memandu! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar