Sabtu, 27 Agustus 2016

Fakta Seputar Pramuka yang Mungkin Belum Kalian Tahu





Mungkin Kakak pembaca ada yang menjadi Anggota Pramuka dari kecil atau pun baru akhir-akhir ini ikut Kepramukaan. Pastinya Kita kenal apa itu Pramuka yang sedari SD seragamnya sudah kita pakai. Apalagi bagi yang aktif di Organisasi Gerakan Pramuka pastinya sudah tahu sampai ke akarnya kali ya? hehehe

Tahu gak sih Kakak arti kata Pramuka?

Pastinya semua akan menjawab PRAja Muda KArana kan?

Tapi faktanya jawaban tersebut kurang tepat, nih Kak Scoutman udah kumpulin beberapa fakta tentang Pramuka yang mungkin diantara Kakak semua masih belum tahu.


1. Asal Kata Pramuka






Kegiatan Kepanduan sudah ada di Indonesia sejak jaman penjajahan. Sebelum disebut Pramuka seperti saat ini, pada masa Kolonial Belanda Kepanduan disebut dengan Padvinder beberapa Organisasinya seperti JPO, NATIPIJ, NIPV dan sebagainya yang selanjutnya diubah menjadi Pandu atau Kepanduan. Sedangkan kata 'Pramuka' diambil oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dari 'Poromuko' yakni pasukan terdepan dalam perang. Bukan singkatan 'Praja Muda Karana'. Gak percaya? Ntar Bang Scoutman kasih penjelasannya deh di artikel selanjutnya.


2. Lambang Gerakan Pramuka

 

Banyak hal yang dapat dijadikan sebuah lambang, tapi kenapa tunas kelapa?

Sesuai dengan Keputusan Kwarnas No. 06/KN/72 tentang Lambang Gerakan Pramuka. Lambang Gerakan Pramuka berbentuk silluete (bayangan) Tunas Kelapa. Lambang ini diciptakan oleh kak Soenardjo Atmodipurwo, seorang pegawai tinggi Departemen Pertanian yang juga tokoh Pramuka.




Karena, Pramuka sendiri memiliki visi dan misi untuk menciptakan generasi muda yang berguna bagi Bangsa dan Negara, juga memiliki banyak manfaat dalam membangun Bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Maka dari itu, Tunas Kelapa dipilih sebagai lambang karena pohon kelapa memiliki banyak manfaat dari akar sampai daunnya. Sehingga Silluete Tunas Kelapa menjadi refleksi Anggota Pramuka untuk menjadi tunas Bangsa yang bermanfaat kelak.







3. Fakta Baret Pramuka





Topi baret hanya dikenakan oleh tentara yang memiliki fungsi tempur. Di negara kita, setiap ”angkatan” memiliki pasukan tempurnya, dan warna baretnya masing-masing. Ada Baret Merah milik KOPASSUS,Baret Jingga Milik PASKHAS AU, Baret Hijau milik KOSTRAD, Baret Hitam milik KAVELERI, dan sebagainya.Semua baret itu dikenakan ”miring” ke kanan, artinya posisi ”emblem” ada di kiri pemakai, dan miring ke kanan.









Tapi coba lihat baret milik POLISI MILITER yang biru muda itu, atau baret biru tua milik BRIMOB, atau milik korps RESERSE, miringya bukan ke kanan tapi ke kiri.Baret yang ”miring” ke kiri adalah baret yang dikenakan oleh pasukan yang memiliki tugas kemanan dan pengamanan serta penegakkan hukum.Sedangkanyang miring kekanan artinya pasukan itu adalah pasukan siap tempur.









Ada juga nih Pramuka ternyata Pramuka yang baretnya miring ke kanan yang artinya pasukan ini adalah pasukan siap tempur.Menurut sejarah ini dikarenakan pramuka pada saat itu menjadi pasukan cadangan dalam pertempuran.


Itulah Beberapa Fakta Pramuka yang mungkin Kakak pembaca belum tahu. Masih banyak fakta Pramuka yang belum Kak Scoutman bagikan kepada Kakak semua. Ada juga Fakta Unik Pramuka Dunia. Oh, mungkin Kakak pembaca ada yang mau menambahkan. Silahkan komentari di bawah ya. sekian, SALAM PRAMUKA!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar